Selasa, 08 Februari 2011

TUGAS KELOMPOK TI


Peranan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi

LATAR BELAKANG
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
 Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka.
         DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG EKONOMI
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat.
Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.       Terjadinya industrialisasi
3.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat
4.       Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan
5.       Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
6.       Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin
membuka lapangan pekerjaan.
7.        Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
8.       Dengan fasilitas pemasangan iklan di    internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk
·         DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG EKONOMI
1. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
3. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba
4. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
         PERAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG EKONOMI
Semua bidang kehidupan saat ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan pengunaan perangkat TIK,           
Adapun  peran TIK dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut:
         E-Banking
         E-Commerce
         M- Dagang
         L-dagang atau L-Commerce


Tidak ada komentar:

Posting Komentar